Review Buku You Do You by Fellexandro Ruby, Cocok Untuk Pejuang Karir

Kamu anak kuliah, fresh graduate, atau karyawan yang lagi pusing terkait karir, pengembangan diri atau perjalanan hidup? Sepertinya perlu membaca buku yang satu ini, You Do You by Fellexandro Ruby.

Fellexandro Ruby merupakan seorang creator pengembangan diri yang mempunyai channel YouTube dan Instagram yang aktif menghadirkan konten seputar pengembangan diri dan finansial. Ia juga membangun podcast Thirty Days Of Lunch, yang menghadirkan berbagai narasumber dengan berbagai pembahasan yang “daging”. Pada bukunya ini, kita akan dibawa untuk lebih mengeksplorasi diri sendiri.

Berikut adalah Review buku You Do You yang akan saya tulis ke beberapa bagian, supaya kalian mudah membacanya. Siapkan kopi dan camilan agar bisa membaca dengan nyaman. Yuk kita bahas!

Review Buku You Do You

review buku you do you

Deskripsi Buku

Judul: You Do You
Penulis: Fellexandro Ruby
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 235 halaman
ISBN: 9786020649344

Buku Ini Tentang Apa?

Buku ini akan menjawab kebingungan, keresahan, pertanyaan seputar passion, bidang karir apa yang harus kita jalani, jago di satu bidang atau banyak bidang, kegalauan di fase quarter life crisis, hal finansial apa saja yang harus kita capai, dan hal lainnya yang terkait. Mas Ruby di buku ini akan menjelaskan itu semua, karena memiliki pengalaman dengan menjalani beberapa karir dan bisnis sebelum akhirnya seperti sekarang ini.

Poin penting yang akan jadi poros buku ini yaitu tentang memahami diri sendiri, apa nilai dan tujuan dari hidup yang kita punya? Simak terus ya review kali ini.

Bab Menarik di Buku Ini

Bab menarik menurut saya ada pada bab Building your New Net Worth.

Kalau kita dalam bekerja selalu mengejar uang, akan tak ada habisnya, memang uang jadi salah satu tujuan kita dalam bekerja atau berkarya. Tapi menariknya, mas Ruby lewat bukunya ini memperkenalkan the New Networth. Apa saja? Skills, Influence, dan Health.

Skills. Setiap orang punya pasti punya kemampuan tertentu, akan tetapi dengan skills tersebut, seberapa bisa menyelesaikan persoalan yang sulit? Semakin sulit permasalahannya, semakin tinggi pula bayarannya.

Saya teringat tentang konten, yang entah ini nyata atau tidak, yang penting dapat kita ambil poin pentingnya. Seseorang bingung kenapa teknisi kapal dengan hanya mengetok-ngetok kapal, bisa tahu dimana permasalahan kapal tersebut. Tetapi ini bukan masalah hanya mengetok kapal saja, tetapi ia dibayar mahal karena waktu yang ia pelajari untuk bisa mengetahui kerusakan badan kapal dengan hanya mengetok saja.

Begitu pentingnya kita bisa terus belajar dan men-develop skills, apalagi bisa menyelesaikan perkara yang rumit.

Influence. Kalau udah punya skillsnya, yang selanjutnya kita harus lakukan yaitu tunjukkan kepada orang lain bahwa kita mampu di suatu skills. Biasanya hal ini akan terjadi sendirinya karena orang telah mengakui kemampuan kita.

Buat yang baru mau mulai atau belajar skills tertentu, bisa pamer lewat postingan media sosial dan bikin portfolio, biarkan orang tahu kita bisa melakukan dan mengerjakan sesuatu hal. It takes time but I think it’s worth.

Health. Kesehatan ini paling vital. Kita nggak bisa memaksimalkan skills dan influence kalo kita tidak fit atau sakit. Ruang gerak kita jadi terbatas. Saat ini yang bisa kita lakukan adalah menjaga kesehatan, pola makanan, dan berolahraga secara rutin.

3 hal di new net worth ini jika dilakukan dengan konsisten, niscaya uang akan mengikuti diri kita dengan sendirinya.

Quote Menarik di Buku Ini

Ada beberapa quote yang saya suka di buku ini, berikut beberapa diantaranya:

Gue menempatkan uang sebagai tujuan terakhir dalam new net worth untuk mengingatkan kita bahwa, uang adalah turunan dari skills, influence, dan kesehatan.

Fellexandro Ruby, You Do You bab Building Your New Networth

Buku Ini Cocok Untuk

Siapa saja yang tertarik dengan pembahasan pengembangan diri dan karir, anak kuliahan, fresh graduate, karyawan kantoran, pebisnis dan buat kamu yang lagi galau sama tujuan dan pencapaian hidup. Setiap bab nya akan membantu kita menemukan solusi kegundahan hati terkait pertanyaan yang sering ditanyakan seputar karir atau pengembangan diri. Bagi yang ingin mendapatkan dan segera membaca buku ini, bisa didapatkan disini ya

Kesimpulan

Beranjak dewasa dan mulai menghadapi kehidupan yang sebelumnya tidak pernah kita pelajari, terkadang membuat kita kebingungan dalam menjalaninya, khususnya seputar karir dan pengembangan diri. Pada buku ini mas Ruby sudah menjelaskan dan memaparkan pertanyaan terkait dengan pembahasan yang mudah untuk dipahami.

Semoga review buku You Do You ini bisa bermanfaat dan buku ini bisa masuk ke reading list teman-teman ya dan menjawab kebingungan teman-teman seputar karir dan pengembangan diri! Selamat membaca.

Muhammad Afif
Muhammad Afif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *