Ingin Membuat Blog Dari WordPress? Ini Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Kamu suka menulis dan ingin berbagi tentang suatu hal? Salah satu media yang dapat kamu manfaatkan yaitu blog. Ada banyak jenis blog yang dapat kamu manfaatkan, contohnya platform WordPress.

WordPress merupakan salah satu jenis Content Management System (CMS) yang dapat digunakan sebagai tempat blogging. Di WordPress, memiliki dua versi yang dapat dipilih, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Untuk kamu yang ingin membuat blog dari WordPress namun masih bingung perbedaan dari keduanya, bisa simak artikel perbedaan wordpress.com dan wordpress.org kali ini ya.

Apa itu WordPress?

Sebelum kita membahas tentang perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, kita perlu memahami apa itu WordPress.

WordPress adalah platform tempat untuk kamu bisa memulai blogging dengan berbagi tulisan, gambar, video, maupun audio. Menariknya, WordPress merupakan platform open source yang dapat di personalisasi dan dipergunakan secara gratis untuk memulai blogging.

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

WordPress jadi sebuah platform yang populer bagi orang yang ingin membuat blog pribadi, blog portfolio, website berita dan masih banyak yang lainnya. Bahkan website-website terkenal di dunia seperti Disney, CNN, Microsoft News menggunakan WordPress untuk membangun website mereka.

Fakta menarik lainnya, sebanyak 43% website yang ada di internet, menggunakan WordPress sebagai dapur website mereka. Jadi WordPress jadi pilihan yang cocok untuk kamu memulai blogging, karena kemudahan penggunaan, bisa di kustomisasi, serta berbagai plugin yang tersedia agar blog kamu bisa semakin menarik.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Di antara dua versi WordPress ini memiliki perbedaan mulai dari fitur, kustomisasi dan karakteristik tertentu. Berikut akan dijelaskan masing-masing perbedaannya.

WordPress memiliki dua versi, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Masing-masingnya memiliki perbedaan fitur, kustomisasi dan karakteristik tertentu. Untuk kamu yang ingin membangun blog, membangun website porfolio, website untuk bisnis menggunakan WordPress, berikut adalah perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com

WordPress.com adalah versi dasar dari WordPress. Banyak orang yang menggunakan WordPress.com saat pertama kali memulai blog dan ingin mencoba dan mengeksplorasi fitur-fitur dasar dari WordPress.

Kamu bisa langsung mendaftar lewat WordPress.com secara gratis dan bisa memiliki blog secara langsung. Karena gratis, blog kamu akan menggunakan domain yang berakhiran wordpress dot com dibelakangnya, misalnya namablogkamu.wordpress dot com.

Lalu untuk untuk penyimpanan, karena WordPress.com menggunakan hosting yang disediakan langsung oleh WordPress, kamu tidak perlu risau karena itu semua sudah dipersiapkan dan blog kamu sudah siap untuk dijalankan. Jadi untuk penyimpanan foto, video dan segala struktur blog sudah disediakan oleh WordPress.

Akan tetapi, hosting yang disediakan WordPress.com ini memiliki keterbatasan dalam jumlah disk yang diberikan, yang akan membuat kamu terbatas dalam menyimpan artikel, foto, video dan segala isi yang ada di blog kamu. Kamu juga tidak bisa menggunakan plugin dan tema-tema premium yang hanya dikhususkan WordPress untuk WordPress.org.

Oleh karena itu, WordPress.com cocok untuk kamu yang ingin memulai blogging tanpa merisaukan domain, hosting yang berbayar, dan tidak ingin mengubah tampilan dari blog secara kompleks. Jadi bisa langsung menulis saja.

Selanjutnya kita akan membahas versi WordPress.org yang memiliki fitur yang lebih lengkap dan banyak digunakan dalam membuat blog dan website berbagai kebutuhan.

WordPress.org

WordPress.org adalah versi WordPress yang paling lengkap dan banyak digunakan. Mulai dari fitur CMS yang lengkap, ribuan plugin untuk meningkatkan kinerja blog, serta kustomisasi sesuai keinginan pemilik blog.

WordPress.org dapat diunduh secara langsung lewat WordPress.org dan bisa juga melalui penyedia hosting. Namun, untuk menjalankan WordPress.org kamu memerlukan biaya untuk membeli domain dan hosting agar blog atau website kamu live atau dapat dilihat orang di internet. Tapi tak perlu risau, karena saat ini penggunaan beserta akses hosting dan domain sangat mudah di dapatkan melalui penyedia hosting dan juga harganya cukup terjangkau. Ada banyak promo dan pemasangannya cukup mudah.

Kelebihan yang ada pada WordPress.org yaitu dapat dikostumisasi sesuai dengan selera kita, seperti ribuan tema menarik yang telah disiapkan oleh WordPress.org. Mulai dari tema untuk blog pribadi, website berita, e-commerce dan masih banyak lagi.

Di WordPress.org, kita dapat menggunakan fitur plugin. Plugin yaitu sebuah fitur yang bakal meningkatkan kualitas dari blog yang kita buat. Misalnya plugin analisis SEO seperti YoastSEO atau Rankmath yang akan menganalisa seberapa SEO tulisan yang kita tulis di blog. Ada ribuan plugin yang dapat kamu manfaatkan jika menggunakan WordPress.org.

Dalam menggunakan WordPress.org, kita bisa masuk ke forum diskusi yang terdiri dari orang-orang yang menggunakan WordPress, beserta developer yang membangun WordPress. Jika kita memiliki masalah, kita dapat bertanya di forum tersebut. Hal ini dapat membantu kita karena WordPress memiliki komunitas yang sangat aktif.

Membuat blog dan website dengan WordPress.org akan membuat kamu kelihatan profesional, karena menggunakan nama domain sendiri. Misalnya namakamu.com. Hal ini akan berdampak pada personal branding kamu dibandingkan menggunakan domain generate dari WordPress. Misalkan kamu seorang Content Writer, yang membuka jasa penulisan artikel, dengan memiliki blog atau website portfolio pribadi, orang akan menganggap kamu kredibel dan profesional.

Jadi WordPress.org cocok sekali untuk kamu yang ingin kebebasan dalam mengotak-atik sebuah website dan menjadikan website sebagai sarana portfolio untuk personal branding.

Mana yang Lebih Baik: WordPress.com atau WordPress.org?

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org ini akan membantu kamu dalam memilih platform blog dengan menggunakan WordPress. Keduanya sama-sama bagus dan memiliki fiturnya tersendiri. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

WordPress sudah menjadi platform yang banyak dikenal dan digunakan oleh individu atau perusahaan dalam mengelola blog atau website mereka. Dengan mengetahui perbedaan wordpress.com dan wordpress.org, semoga kamu bisa mulai menentukan versi terbaik yang kamu ingin pakai untuk memulai blog.

Sebagai penulis blog, kamu mungkin pernah kesulitan dalam menulis? Bisa baca artikel ini ya untuk membantu kamu dalam menulis.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi blogger, pemilik bisnis, dan pihak lainnya yang berencana menggunakan WordPress.

Muhammad Afif
Muhammad Afif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *