Begini Tips Mudah Agar Tidak Stuck dalam Menulis

tips mudah agar tidak stuck dalam menulis

Bagi yang sehari-harinya memiliki pekerjaan tulis menulis, tentunya sering mengalami stuck atau kesusahan dalam menulis. Pada tulisan ini akan mengulas cara mudah agar tidak stuck dalam menulis.

Beberapa dari kita mungkin masih beranggapan jika menulis itu merupakan hal yang gampang. Tinggal ngetik apa yang ada di pikiran lalu bim salabim jadilah sebuah tulisan. 

Realitanya, penulis tidak hanya mengetikkan jari di tuts keyboard, namun ada tahapan dalam menulis yang harus dilewati, seperti menulis kalimat yang mudah dipahami dan memilih padanan kata yang sesuai

Tetapi dua hal itu tidak semudah yang dipikirkan. Penulis kerap mengalami susah dalam menemukan ide dan buntu (stuck) dalam menulis, yang sering disebut sebagai writer’s block.

Seorang penulis sudah tentu bersahabat baik dengan si writer’s block ini. Sederhananya, writer’s block adalah kondisi dimana seorang penulis susah untuk menuliskan sesuatu, kehabisan ide, dan penulis dalam kondisi yang tidak prima dalam menulis. 

Setelah memahami kegelisahan sebagai penulis yang terkena writer’s block, berikut ini adalah tips mudah agar tidak stuck dalam menulis:

  1. Nonton Film

Menonton film merupakan hal yang menyenangkan. Banyak hal yang dapat kita amati dan pelajari dari sebuah film. Ini bisa menjadi bahan refreshing sekaligus riset untuk kamu penulis.

Menyaksikan tayangan film atau series favorit atau yang sedang on going dapat mengalihkan sebentar kegiatan tulis menulis. Mana tau ketika beres nonton, kamu bisa lancar dan tidak stuck dalam menulis lagi.

2. Baca Buku

Menjadi seorang penulis, apapun bentuk tulisannya, harus akrab dengan bacaan. Membaca buku ini adalah tiangnya, karena semakin sering kita membaca, maka tulisan kita akan mengalir dengan lancar.

Ada banyak manfaat dalam membaca buku, yakni kita bisa mengetahui banyak gaya cara menulis kalimat yang baik, bagaimana cara menyampaikan sesuatu dengan mudah dan baca buku merupakan salah satu cara untuk kita bisa riset.

3. Pergi Traveling

Penulis kerap dibayangkan seperti seseorang yang selalu duduk di depan layar laptop lalu fokus menulis. Memang, umumnya seperti itu. Biar bisa menjaga pikiran untuk selalu fresh menulis, sesekali coba refreshing dengan pergi traveling.

Tidak perlu jauh-jauh, yang penting kamu rehat sejenak dari aktifitas menulis. Hirup udara segar diluar, lihat banyak pemandangan, dan lepaskan semua perkara ide tulisan dan deadline.

Seringkali, ada banyak ide yang bermunculan setelah kita banyak menemukan hal baru diluar sana atau selepas bepergian.

4. Ngobrol dengan Strangers

Ngobrol dapat memunculkan banyak ide baru, apalagi kita ngobrol dengan orang yang tidak kita kenal alias stranger.

Sesekali ketika berada di luar, coba ajak tukang cilok favorit mu berbicara, apa saja. Ajak bicara satpam kantor mu ketika pulang kerja. Akan banyak sisi hal yang bakal kamu dapatkan hasil dari obrolan dengan stranger ini.

Obrolan tidak terduga ini dapat kamu jadikan sebuah tulisan yang menarik.

5. Diam Sejenak

Sejujurnya ini pengalaman pribadi. Entah kenapa ketika tidak terlalu memfokuskan pikiran ini ke tulisan, banyak ide yang mencuat, tanpa bersusah payah lagi untuk memikirkan ide tulisan.

Diam sejenak atau bengong ini memang harus dilakukan penulis. Pikiran yang kalut akan membuat tulisan jadi stuck.

Nah sesekali coba rileks, kalau perlu tutup dulu tulisan kita. Setelah kita bisa fokus lagi dan mendapatkan banyak ide. Kita bisa menulis lagi.

Kesimpulan

Writer’s block itu sangat wajar oleh seorang penulis atau content writer. Setiap harinya kita memproduksi sebuah tulisan yang membutuhkan pikiran yang fresh dalam menuliskannya.

Perlahan dengan mengikuti cara yang telah disebutkan diatas, semoga kamu bisa terhindar dari writers block dan bisa bikin tulisan kamu tidak stuck lagi.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Muhammad Afif
Muhammad Afif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *