WordPress: 3 Sumber Belajar WordPress Terbaik

Sumber Belajar WordPress Terbaik

Kamu sudah punya blog atau website lewat WordPress, namun ingin mempelajari nya lebih dalam? Berikut ini saya akan membahas tentang 3 sumber belajar WordPress terbaik.

Sebagai salah satu tempat untuk membuat blog atau website, WordPress sangat populer digunakan oleh banyak orang. Alasannya yaitu kemudahan dalam penginstalan, mudah di personalisasi, dan tersedia banyak plugin untuk meningkatkan kinerja blog atau website kita.

Baca juga: Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Mempelajari WordPress merupakan sebuah keharusan bagi kita untuk bisa memahami blog atau website yang kita miliki. 3 sumber belajar WordPress ini juga menjadi rujukan saya belajar WordPress dan membentuk blog ini. Kali ini saya akan menjelaskan masing-masing 3 sumber belajar WordPress nya.

Tutorial via Youtube

Youtube menjadi sumber atau resource terbaik dalam mempelajari skills apapun, termasuk WordPress. Dengan mengetikkan kata kunci “belajar wordpress untuk pemula“, “wordpress for beginner“, “learn wordpress from scratch“, dan yang lainnya, akan tampil beberapa video tutorial WordPress dari banyak channel.

Setelah saya mencari dan juga mempelajari, ada dua video yang saya rekomendasikan, yaitu:

Untuk pertama kali belajar, saya merekomendasikan untuk melihat video tutorial yang berdurasi agak panjang, karena akan membahas dari dasar seperti apa itu WordPress, fungsi WordPress untuk apa saja hingga penginstalan dan penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di WordPress. Jadi cukup lengkap tutorial yang disajikan.

Bagi kamu yang ingin belajar tutorial yang disampaikan dengan bahasa Indonesia, bisa menonton tutorial WordPress untuk pemula dari channel Yoko Bomb. Disini kamu akan dijelaskan seputar dasar wordpress, mulai dari memilih domain dan hosting, hingga mengkustomisasi tampilan blog atau website yang telah kita buat. Durasinya tidak terlalu panjang sehingga cocok bagi yang ingin pembelajaran singkat.

Kamu bisa mengeksplorasi lebih jauh untuk video-video tutorial WordPress lain yang dibawakan oleh channel selain yang telah saya sebut diatas.

Website WordPress

Kamu bisa mempelajari WordPress, khususnya WordPress.org melalui website dari WordPress itu sendiri. Karena di dalamnya sudah tersedia lengkap, mulai dari pembelajaran dasar berupa video pendek berkaitan dengan WordPress.

Selain itu terdapat forum yang diisi oleh komunitas WordPress yang ada di seluruh dunia, kita dapat berpartisipasi dengan memberikan jawaban atau pertanyaan yang berkaitan dengan WordPress. Jadi misalnya ada masalah dari blog atau website kamu, bisa langsung menuju forum agar dapat mencari jawabannya.

Sehingga, keputusan kamu untuk mempunyai blog atau website berbasis WordPress tentunya sudah pas, karena komunitasnya sangat aktif untuk selalu update informasi terbaru, belajar yang berkaitan dengan WordPress, dan kamu juga bisa berkesempatan mengikuti meet up sesama pengguna WordPress yang ada di Indonesia lho. Menarik bukan?

WP Beginner

Salah satu website yang perlu kamu ketahui saat belajar WordPress. Kebanyakan artikel yang ada di website ini memang diperuntukkan untuk pemula yang ingin mendalami WordPress.

Mulai dari artikel yang bertemakan how to start a blog, wordpress SEO, dan tidak ketinggalan pembahasan penting seputar security dan plugin WordPress yang perlu kamu ketahui. Setelah saya baca, artikel yang disajikan oleh WP Beginner ini sangat mudah dipahami karena adanya struktur dari artikel, sehingga mudah untuk menuju pembahasan tertentu. Selain artikel juga terdapat video tutorial dan informasi seputar WordPress. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

WP Beginner hadir pada tahun 2009 dan didirikan oleh Syed Balkhi, seorang entreprenur yang jadi CEO Awesome Motive, salah satu produknya yaitu WP Beginner dan program lain seperti WP Code, wp forms, AIO SEO, dan masih banyak lagi.

Mempelajari WordPress bisa dikatakan gampang-gampang sulit, tergantung dari tujuan dan niat. Buat kamu yang punya blog atau website berbasis WordPress, tentu mempelajarinya adalah sebuah keharusan. Apalagi khususnya untuk SEO Content Writer, dengan memiliki blog pribadi via WordPress, menggunakan domain pribadi dan hosting, akan membuat kamu memahami dan mendalami penulisan artikel di Content Management System (CMS). Juga blog dapat menjadi portfolio tulisan-tulisan yang telah kamu hasilkan.

Kesimpulan

Buat kamu yang baru mempunyai blog atau website berbasis WordPress, bisa terus belajar secara konsisten dari tiga sumber belajar wordpress terbaik yang telah disebutkan, atau bisa mengeksplorasi sumber lainnya. Jika konsisten, kamu akan bisa memahami WordPress dan dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Keep learning!

Muhammad Afif
Muhammad Afif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *