Minggu, 11 September 2016

Bicara Tentang Politik

Mungkin saat ini, hanya gue yang suka politik dari beberapa anak yang ada di kelas.

Ya, kulihat sih seperti itu.

Menurut kalian, apakah jika seorang anak kelas 11 SMA menyukai ranah politik, boleh dikatakan aneh? Jika jawaban mu YA, aku tak peduli, itu pendapatmu.

Namun jika kamu berpendapat jika dunia politik itu sangat menarik, terima kasih dan mari sama-sama kita bahas tentang politik.

canstockphoto.com
Politik, merunut dari bahasa om Wikipedia; Politik (dari bahasa Yunani; Politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara) adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Oke cukup sampe disana, kalo terlalu panjang nanti gue seolah-olah jadi orang yang ngerti banget soal politik, padahal kan gue baru amatir dalam mengetahui ilmu politik, tapi gue suka politik.
Entah kenapa ya disaat televisi sedang menayangkan sebuah breaking news, dan berita yang diliput tentang politik; kubu A kubu B, debat pimpinan parpol, and all about politics that showed in television, i like this, i'm excited, dan gak tau sudah sampe mana level eksaitid gue sama politik. Kayakya sih belum sampe geek politik kayak bang Imam Syafei, yang kalo udah ngomong apapun soal politik, sangat seru untuk didengarkan. Gue jatuh cinta sama politik? Fall in love.

Politik juga termasuk ilmu sosial, ya maka dari itu kenapa di tulisan Pemimpin Negara gue memilih jurusan IPS untuk gue hadapi di tahap selanjutnya. Ya emang dasarnya orang suka sosial, suka menilik kenapa Korsel dan Korut itu gak pernah akur, dan kenapa Inggris keluar dari ranah Uni Eropa, itu beberapa dari sekian banyak isu-isu terbaru politik dunia. Politik yang gue paling minati dan gue sukai adalah politik luar negeri, ya seperti yang gue bilang diatas, isu-isu politik dunia yang lagi hangat. Kayaknya sih untuk memilih jurusan kuliah pas 2018 nanti gue udah punya plan lah, gak jauh-jauh dari politik dan luar negeri. Gue udah punya rencana yang gue sendiri harus berusaha untuk mendapatkannya. Bismillahirrahmanirrahim.

myrenaissanceblog.wordpress.com
Politik sekarang udah gak selalu menjadi pembahasan orang-orang tua, bapak-bapak atau apalah, tapi sekarang isu-isu politik juga sudah menginfeksi para kaula muda. Stereotip kalo politik hanya buat bapak-bapak sekarang sudah bisa terbantahkan. Menurut gue ya, anak muda yang menyukai politik itu keren. Kenapa keren? Ya masih muda aja bahasan pas lagi nongkrong tentang isu-isu terhangat yang menarik untuk diperbincangkan. Jadinya membuat suasana nongkrong jadi lebih informatif, gak melulu ngobrolin soal cewek, bola, dan emmh. Aktifitas nongkrong jadi bermanfaat. Yaa gak selalu obrolan politik sih, obrolan lain yang dapat membuat kita menjadi nambah wawasan adalah hal yang mestinya dilakukan para anak muda pada zaman ini. Sebagai anak muda, jadilah anak muda yang gak cuek tentang isu sekitar, bahasa kekiniannya sih kita sebagai anak muda harus peka dengan hal-hal yang bersifat sosial. Karena kalo bukan anak muda yang akan jadi generasi penerus, siapa lagi, kan? Karena ungkapan "Jangan tanya apa yang negara berikan buat kamu, tapi tanya apa yang telah kamu berikan buat negara" itu benar adanya. Jadi walaupun dengan hanya peka dan tanggap dengan hal yang berbau negeri ini, itu sudah menjadi poin yang telah kamu berikan buat negara tercinta ini. #KerenItuSukaPolitik #AnakMudaPekaPolitik.

Apalagi pas nemu konten yang membahas soal politik di platform Youtube. Ada sebuah channel yang bernama 'Asumsi' yang dibawakan oleh Pangeran Siahaan dan Imam Sjafei. Pembawaan isu politik lewat channel mereka sangat ringan, apik, dan bisa dipahami oleh orang yang gak terlalu ngerti politik. Mereka berdua sudah bisa dibilang expert lah dalam dunia politik. Bisa dilihat ngomong politik secara cas cis cus, ya emang dasarnya udah paham sekali dengan politik.

Ini salah satu video yang gue suka, "Asumsi Episode 7 - Kabinet Baru Jokowi!"


Nama channel nya 'Asumsi'. Jadi disini mereka berdua membahas isu-isu politik Indonesia yang sedang hangat dengan asumsi atau pendapatnya berdua. Menurut gue asumsi-asumsinya sangat mudah dicerna. Gak berbelit-belit, gue suka, dan makin suka politik gegara ketemu sama channel Asumsi tanpa disengaja pas bang Imam Sjafei ngepost link video ini di Twitter.

Awalnya dulu kenapa suka politik ya karena almarhum ayah sering nontonin berita dan lumayan suka politik juga. Disaat dia lagi nonton gue tanyain aja apa yang gak gue pahami, gue tanya itu, ini sampai gue mengerti inti ceritanya. Dan gak lama-lama setelah itu gue jadi tertarik dan kesengsem sama politik, gak kayak dapetin hati kamu, perlu perjuangan yang lama dan usaha yang keras dulu buat nangkep kamu dalam jala ku, kamu nya sih cewek, cewek kan gengsian, gak mau mulai duluan, apa-apa pengen cowok yang duluan *psstssts* *skip*

Untuk jurusan kuliah sih gue akan menerka-nerka gak akan jauh dari yang namanya Ilmu Sosial, apakah itu Ilmu Politik, Hubungan Internasional, atau yang lain. Namun saat ini gue sebagai seorang pelajar hanya bisa mengumpulkan minat-minat yang gue punya, untuk dijadikan sebagai bahan pedoman untuk kedepannya, syukur-syukur kalo untuk masa depan gue nantinya.

Gimana? Ada yang sama gak sama gue? Suka Politik?


Buat penutup;

Share:

55 komentar:

  1. Gue juga demen nih sama is-isu politik gitu. Pernah ada berita politik yang lagi marak udah lama banget sih gue ikutin sampe tuh kasus kelar. Gue jadi kelimpungan sendiri gini. Kemana-mana gue pergi itu berita gue bawa sebagai bekal buat dibahas bahas gosip seru cyin hahahaha.

    Well semangat ya jadiin politik atau bidang kesukaan lu buat bekal masa depan nanti. Kalau punya masa depan? Haha tenang, masa depan bisa di raih kok selagi ada usaha dan gak pernah berhenti untuk meraih itu usaha. Good luck, semangat terus! :D

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah suka sekali sama politik nih kalo begitu. Makasih doa nya ya. Aamin...

      Hapus
  2. gue juga suka ama politik.

    kalo di luar negeri politiknya serem semua, ada yang votingnya pakai BLACK CAMP (menjelek-jelekkan lawan saingan voting), terus memprovokasi khalayak ramai, banyak lagilah.

    politik itu bisa menjadi bekal masa depan kita soalnya politik bisa menentukan jalan hidup negara kita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Black camp udah terbiasa di amerika, dia menyudutkan sang lawan politik secara langsung. Tanpa sindir menyindir.

      #YokSukaiPolitik

      Hapus
  3. Hmm, nggak ada salahnya kok untuk kamu kalau suka sama hal yang berkaitan dengan politik. Semua orang kan bebas suka atau bahas politik tanpa memandang umur. Justru bener juga katamu, anak muda yang suka politik itu keren.

    Tapi entahlah, kalau aku sendiri masih tidak terlalu berminat dengan hal-hal berbau politik. Makanya kadang aku suka acuh tak acuh gitu kalau ada berita politik yg lagi hangat-hangatnya.

    Tapi keren lah, semoga kuliah nanti kamu diterima di jurusan yang berkaitan dengan politik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya bang zam, namun politik itu tak serumit yang kita bayangkan, kok :D

      Hapus
  4. Setuju, gue dari SD suka banget ilmu sosial.
    Mulai SMA paling suka kalau udah diskusi atau debat.
    Yes I love politik, tetapi harus terhenti karena SMA gue masuk IPA dan kuliah jadi kupu-kupu di bidang IT.
    Dan alhamdulillah punya suami yang berlatar belakang FISIP dan kerjanya bersinggungan dengan dunia politik.
    Jadilah saya mulai suka nulis - nulis lagi dan sering ajak suami bahas soal politik.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga, pas SD selalu yang nilai 100 pas ulangan ya matpel sosial, udah menjadi basic ya dalam diri gue kalo gue itu bakat di ilmu sosial

      Wah keren bisa debat soal politik bareng suami, #NikmatnyaMenikah

      Hapus
  5. Politik kita ibaratkan MOBIL MOGOK..kalau MOGOK minta didorongin begitu udah jalan MENOLEH oun tidak..hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, ini maksudnya gue tau. Jadi ibaratnya seorang calon anggota dpr setelah dipilih, pas udah duduk di kursi malah tak acuh dengan keadaan rakyat ;p

      Hapus
  6. Saya selalu update berita politik tapi tidak berminat masuk di bidang politik. Apakah saya anti-politik? 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidaklah, yang penting tahu sedikit tentang politik, apalagi politik di indonesia

      Hapus
  7. Gue salah satu orang yang suka politik. Klo di indonesia sering ngamatin politik DKI. Lagi panas2nya nih menuju pemilihan tahun depan. Hayooo... lo dukung mana?

    Iya, sama brexit kemaren itu. Gue juga sampe cari2 artikel tentang manfaat dan lainnya. Terutama untuk liga inggris. *Tetep, harus cari info bola juga. Wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue dukung yang terbaik ajalah buat DKI Jakarta :)

      Bola mah gak pernah lupa nyol :3

      Hapus
  8. Masih muda dan suka politik. Rispek! Tapi jujur gue gak terlali suka sih..

    Btw, jika suatu saat lo tergabung dalam dunia politik, perbaiki politik di negeri ini ya..heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin turunan sifat dari bokap gue nih...

      Amin makasih ya

      Hapus
  9. Kalo ngomongin soal politik , emmm gue sih enggak terlalu suka . Tapi , kalo iseng iseng ngamatin televisi tiba tiba ada siaran di berita tentang politik , itu udah pasti gue perhatiin/tonton.Karena di balik politik , juga ada keseruann lainnya dan banyak teka teki nya ( gitu kata gue ) .

    Kalo masalah ilmu sosial , gue juga suka sama yang nama nya ilmu sosial . Itu udah mempersatukan diri gue ini :) ha ha ha .

    BalasHapus
    Balasan
    1. #PolitikItuAsyik

      Samaan dong kita bro

      Hapus
  10. Anak muda dan suka politik itu jaraaaanng bangeett. Karena menurutku politik2 akhir2 ini itu semacam banyak disetting. Dan udah gak fokus pada apa tujuan politik sebenarnya.

    Banyak elit2 politik yg salah gunain kekuasaannya.

    Sistem2 politik di beberapa negara pun beberapa banyak yg kacau.

    Jadi yaa begitulah.

    Semoga nanti dengan kamu yg udah suka politik dari muda, bisa terlibat di dunia politik dan syukur2 bisa jadi agen perubahan politik kedepannya... *aamiinn*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk karena itu menyukai dunia politik, mencoba mendalami tentang politik itu bagaimana. Dan saat ini kayaknya hanya untuk hobi semata, yah syukur2 kalo dengan minat politik yang ada dalam diri gue bisa untuk mengarahkan indonesia yang lebih baik lagi :)

      Hapus
  11. Gue di kubu netral sih soal politik. Gak benci, gak suka. Tapi ya masih cari2 info siapa tau pas diajak ngobrol sama orang yg lebih tua jadi bisa nyambung.

    Baguslah lo kelas 11 udah ada pandangan kuliah mau ngambil jurusan apa. Dan gue juga baru tau ternyata si pangeran siahaan ada chanel yutubnya yg beginian. Gue kira dia berurusan sama bola mulu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu benefit suka politik , ngomong sama orang yang lebih tua pun bisa nyambung, walaupun dengan pembahasan yang sederhana.

      Gue rasa sih karna ada temennya juga, si Iman Syafei yang suka politik. Jadi kayak ada temen yang bisa diajak ngmong politik

      Hapus
    2. haha mungkin, gue pertama tau pangeran siahaan soalnya dari tulisan dia di detik.com :))

      Hapus
  12. Masih muda kayaknya udah cinta banget sama politik ya. Emang keren, sih. Di saat yang lain mungkin umur segitu yang diobrolin ya bola lagi, dan mungkin cewek lagi. Tapi kalo aku sendiri emang kebilang cuek sama politik. Nggak tau kenapa tapi memang kurang tertarik aja sih. Soalnya lingkungan sekitarku di rumah, di kantor, juga temen-temen pun nggak begitu tertarik. Jadi memang nggak pernah bahas gitu.

    Tapi kalo soal politik di media, nggak tau ya aku sebel aja rasanya. Media tuh selalu memihak salah satu kubu kalo menurutku. Dan mungkin memang media sekarang udah nggak sejujur dulu. Atau memang dari dulu juga gak jujur ya? Entah lah. Kalo kayak kamu, nonton dari channel Youtube yang full asumsi dari sendiri (tanpa memihak siapa pun), masih enak juga diterimanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang masalah faktor lingkungan juga ya, hmm menurutku sih gak masalah. Kita perlu juga mengetahui tentang politik yang banyak tersebar di internet, itu salah satu media juga buat kita yang ingin mengetahui tentang politik, walaupun di lingkungan sekitar banyak yang tak acuh dengan politik.

      Udah nonton di channel nya?

      Hapus
    2. Iya bener, lingkungan berpengaruh besar sama perilaku dan kesukaan juga sih sebenernya. Jadi gak salah kalo kamu suka politik di usia muda. Mungkin lingkungannya.

      Belum hehe. Belum sempet buka-buka yutub nih.

      Hapus
  13. Gw dulu jaman2 sma gk trlalu pduliin sma yg nmanya politik fif, mnurut gw politik itu gk cocok sma otak gw wktu labil2nya di sma. Pmbhasan nya trlalu keras dn nggk wajar sih dri zluruh klangan anak muda, jrang bnget anak sma itu klo nngkrong ngebahas isu2 politik, aneh aja, politik aja nggk prnah ngebahas kita, masa kita mlah ngebahas politik. Ya kan??

    Tpi seiring wktu brjalan smpai gw msuk kuliah, umur mnuntut kita untuk kritis trhadap sgala hal, trmasuk dunia politik. Mau gk mau sbagai wrga negara yg cerdas dn kritis kt hrus tnggap trhadap isu2 politik ddlam negeri demi majunya bangsa ini!!! (Ini kok malah demo ya)

    Apalagi mhasiswa kan punya pran pnting dlam msyarakat. Nnti klo jdi mhasiswa, kmh bkalan ngeti fif. Mkanya gw sngat slut bnget ada anak sma yg sdah pduli tntang politk kyak si afif ini, apalagi udh ngerti politik internasional, jrang bnget loh ada yg ngkutin isu politik intrnasional, apalagi mhasiswa.

    Bnyak bnget yng mmbuat gw trtarik sma politik fif dn itu jga yg mmbuat gw msuk HMI. Krna mnurut gw politik itu adlh smber perubahan.

    Yaa, smoga saja mimpi mu trcapai. Usaha aja dlu. Jngan prnah brhenti belajar. Slut buat lu fif (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tau kenapa ilmu sosial itu menarik buat gue bahas, menarik buat gue pelajari, rasa pengen tahu itu kuat saja di bidang itu, salah satunya ya di dunia politik. Hmm semoga di dunia kuliah nanti gue bisa main aman karena udah ngerti sedikit tentang perpolitikan.

      Amin.. makasih ya

      Hapus
  14. Ga ada salahnya kok kalau kamu suka politik atau bahkan polipantai.
    Kalau kamu suka politik coba deh di sekolahan aktif di organisasi, terus kuliah juga gitu, siapa tau kamu bisa direkrut partai perindo ~ jayalah Indonesia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha Perindo, liat saja suatu hari nanti...

      Hapus
  15. sebenernya setiap orang punya minatnya masing2, tergantung kitanya aja.

    Tapi kalo gue sih netral aja, benci amat juga engga, soalnya kalo ada perdebatan yang seru gitu di tv, gue ama bokap suka bahas bareng gitu, mayan lah ya nambah pengetahuan.

    Kalo bahas masalah berat gitu, kadang suka males gue liatnya, gak ngerti juga gue nya hahaha..

    btw, lo kelas sebelas juga, okelah brarti kita seumuran dong hehehe... gue juga udah nemu jurusan yang gue minatin jadi gak perlu mikir lagi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh seumuran yaa. Baru tauu :p

      Emang gitu, nyari jurusan kuliah itu sedini mungkin. Jangan nanti kocar kacir pas kelas 12

      Hapus
    2. Setuju, emang bener, ribet banget baru nentuin jurusan pas kelas 12, ujung-ujungnya malah ngikutin temen hahaha..

      Hapus
  16. Menurut gue sendiri, wajar ajar kalau anak kelas 11 itu suka politik. Toh selera orang berbeda juga kan ya? Bagi lu yang seejak dini suka politik gue rasa malah spesial sebab berbeda dari kebanyakan teman lu. kalo kata Radit, jadilah orang yang berbeda. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya juga ya kata Radit. jadilah orang yang berbeda. Bkalan gue aplikasiin deh

      Hapus
  17. Anak muda yang suka politik itu keren. saya setuju banget kalo politik itu bukan hanya bahasan utk orang2 tua. Anak muda juga harus turut memonitori dunia politik dan terlibat didalamnya. Semangat bro

    BalasHapus
  18. udah santai ja lagi, gue juga sejak SMP dah doyan politik, nontno metro tv, baca baca koran dll,,,ga aneh ko, malah bagus, jadi pikiran lo lebih luas, bisa bikin lebih kritis, coba cari cari tentang politik luar negeri deh, bagus juga..

    pokoknya lo keren deh, gue suka dan salut sma anak muda yang doyan sama subjek politik

    BalasHapus
  19. Tumben ada anak SMA udah tertarik sama politik, harus dilestarikan nih~
    Nanti kalo udah kuliah coba ikut organisasi aja.. Disitu juga banyak politiknya. Apalagi kalo pas pemilihan presiden BEM. Wuah persis deh kayak pilpres. Pada pake cara masing2 agar jagoannya sukses.

    Gue jadi penasaran sama Asumsi, kalo lagi free wifi nanti ngintip ah ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 Tahun lagi nih bang edotz, doain aja yaa

      Hapus
  20. Kalau aku males banget nih bahas politik hahaha. Tapi kalau km suka ya wajar2 saja, biar kelihatan keren juga kan hehe. Aku juga belum pernah lihat video Asumsi itu, entahlah, bagiku gak seru aja bahas politik, mending bahas fashion dan kosmetik *eeeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sebenernya sih gak masalah mbak mei, kan orang punya selera tersendiri. EAA

      Hapus
  21. politik itu cair dan dinamis

    salam kenal dr blogger ala2

    BalasHapus
  22. wuih, sabi. dulu gue kelas 11 juga begini nih.. dulu gue sok2 nulis opini tentang politik, mulai dari kasus cicak vs buaya sampe politik internasional dan kawan-kawannya. Politik itu kejam... wahai anak muda, hohohoho. gue sih dari smp udah mulai ngikutin, gara-gara sering nonton berita sama baca cerita di tl twitter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KITA SMAAAN DONG BROOOOOOO,

      Tapi beda tahun lair ajaa

      Hapus
  23. Politik, ya Fif? Gue boleh dibilang kurang suka. Karena, konsep politik di Indonesia ya, gak jauh-jauh dari itu. Apalagi, Media. Hadeh... Seolah males banget dengerin isu-isu politik yg bukan seharusnya dibahas. Sedangkan yg seharusnya kadang malah diabaikan.

    Tapi, salut buat lo yg masih pelajar udah suka Politik. Semoga bisa jadi POlitikus yg hebat suatu saat nanti. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disanalah letak menariknya politik indonesia, pange :D

      Mohon doanya aja pangee

      Hapus
    2. Aminn... Semoga dimudahkan..

      Hapus
  24. Gue tertarik dengan segmen bacaan politik semenjak terjun jadi English Debater, kayanya seru aja mereka2 yg ngerti soal politik dan isu sosial terkini pas lagi debate argumennya bagus2.

    Enggak ada yg salah kok anak kelas 11 suka dengan politik, selagi kita suka politik dan tahu kenapa bisa sampe suka sama politik, ya,it's okay, minta dan kesukaan kan pilihan.

    BalasHapus
  25. Politik tuh hal yg ga ada habisnya kalo diomongin. Ga tau siapa yg salah, siapa yg bener. Yg hari ini kawan, besok bisa jadi lawan. Cape deh. Daripada ngomongin politik, mending ngomongin hal yg pasti-pasti aja, ngomongin rencana traveling di masa depan misalnya wkwkwk...

    BalasHapus
  26. Tidaaaaak...........jangan bahas masalah politik, bisa bikin pusing kalau ngebahas masalah negara. Gue lebih suka poli dari pada politik. Di Negeri kita aja politiknya bisa ngebikin kepala kita pecah. Gimana enggak coba, gaji gede tapi masih makan bukan milik sendiri...kalau ngebahas masalah politik ya gak bakalan kelar kelar.

    BalasHapus
  27. Politik ga ada habis nya, selalu ada aja yg terselubung nya pasti you know lah apa itu -__-

    Nonton film action
    Download film action

    BalasHapus

Komentar disini mah gak banyak aturannya, setelah baca kasih komentar ya. Supaya gue lebih semangat lagi buat nulis! Hehe

-Muhammad Afif