Minggu, 17 Juli 2016

Lovely Helmet

sumber tertera

Menggunakan HELM bukan sekedar mentaati peraturan tapi, menghargai OTAKMU kecuali kalau tidak punya OTAK



Kepala adalah organ yang paling paling paling penting dalam tubuh seseorang. Kepala merupakan organ tubuh paling atas yang sangat utama, apalagi di dalam kepala ada kalau dalam bahasa inggris brain, dalam bahasa arab عقل, dalam bahasa belanda hersenen, dalam bahasa jerman köpfchen, dalam bahasa indonesia disebut dengan otak.

Dalam bahasa minang disebut juga dengan utak

"Da, lai utak?"
Ucapan yang dilantunkan orang saat ingin memesan "otak" di rumah makan padang. Hal yang lumrah dan sering terjadi. Mungkin kalo orang minang sesama minang menyebut ini mungkin sah-sah dan biasa saja. Coba aja kalo selain orang minang, pasti bakalan gini

"Uda, otaknya ada gak?"
Kalo menurut gue nadanya agak sedikit berbeda jikalau selain orang minang yang mengucapkannya. Menurut pandangan gue jika selain orang minang yang mengucapkannya, ucapan ini adalah ucapan kesal dan marah seseorang. Namun jika ini diucapkan di rumah makan minang, tenang saja, orang minang pasti akan mengerti dan mengantarkan pesanan "otakmu"

Udah ngelantur kemana aja nih gue, yok bahas otak lagi. Karena otak adalah organ penting, tentunya kita harus jaga supaya organ yang satu ini tetap bisa berjalan dengan baik, tetep berfungsi, dan buat mikir bagaimana cara ngajak Acha Sinaga dinner berdua. Ya harus kita jaga jaga dan jaga. Namun terkadang usaha menjaga yang kita lakukan itu kadang-kadang tidak semulus yang kita bayangkan. Kadang ada bad moment yang gak kita inginkan. Apalagi otak ini rawan disaat kita berkendara, khususnya mengendarai sepeda motor.

Disaat mengendarai sepeda motor, disaat itulah kita dituntut untuk menggunakan perangkat yang safety yang akan menunjang keselamatan organ kita, khususnya kepala. Kalo misalkan udah safety wear lalu kita terjatuh dan kaki, siku lecet, ya mau gimana lagi. Udah rencana yang diatas, kita cuman kurang beruntung aja. Kecelakaan ini masih bisa ditolerir. Tapi kalo kepala yang udah kena? Semuanya jadi berabe, belum lagi kalo udah sampe geger otak, lalu meninggal. Disinilah peran dan pentingnya kita menggunakan helm disaat berkendara demi keselamatan kita juga, bukan keselamatan semut.

Gue punya cerita tentang helm kesayangan gue. My lovely red helmet, kebetulan warna helm gue merah menyala. Yang pastinya helm merk lokal dong *cintprodukindonesia*. Nah helm inilah yang "menemani" kepala gue disaat gue sedang berkendara. Sudah banyak momen yang gue lakuin sama helm gue yang merah nyala ini. 


Sebenernya sih gue sebelumnya udah punya 2 helm, namun kedua helm itu sudah tiada. Helm gue yang pertama, warna putih, hilang entah kemana setelah gue letakin di meja dekat ruang tamu. Entah kenapa bisa hilang, gue gak tau, serem kan padahal gue letakin dirumah. Helm gue yang kedua, warna hitam, kembali hilang tragis di parkiran sekolah. Yang bikin gue bingung, padahal helm gue yang hitem itu warnanya sudah pudar, udah gak keren lagi, dan kayaknya udah bau juga pada bagian busanya, eh malah raib, padahal ya helm orang-orang banyak yang lain masih utuh, baru, dan warnanya mencolok lagi. Kenapa malah helm gue yang si pencuri itu ambil. Kadang gue mengenang helm itu antara sedih dan ngakak juga.

Nah akibat pengalaman gue itu, gue pun akhirnya trauma untuk meletakkan helm di sembarang tempat. Siap gue berkendara dan turun dari motor langsung aja helm nya gue tenteng, gak mau lagi gue untuk meletakkan helm di kaca spion. Akhirnya karena gue kayak gitu, banyak temen gue yang bilang,

"Eh fif, helm lo tenteng-tenteng terus nih"

"Iya dong, dia pengikut setia gue"


Pesan moral setelah membaca tulisan ini : Jangan lupa bawa helm walaupun deket, ini soal kepala. Kepala adalah organ yang penting buat kita jaga. 

Jangan hilang lagi ya, My Lovely Helmet.
Share:

28 komentar:

  1. Ya, memakai helm saat berkendara dapat mengurangi korban kecelakaan lalu lintas. Helm juga melindung dan mengurangi cedera di otak saat kepala kita terbentur yak, kalo gak pake helm nanti otak malah kececer di jalanan, kan serem~

    Wkwkw mungkin pencurinya gak bisa bedain mana helm yang masih bagus dan sudah berkurang ke-bagus-an nya :v

    Semoga hubungan kamu sama red helmet-nya langgeng sampe tua yak! Yeay~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pencurinya di phpin sama helmku yang udah kotor wkwkw

      Hapus
  2. Wah helm emang berguna banget buat otak tapi bagi gue helm sekarang bukan jaminan kehidupan seseorang.
    Buktinya gue barusan aja abis kecelakaan padahal pake Helm. Helm gue ancur gue jadi gagar otak kecil, untung gue masih bisa hidup lagi.

    Oh iya helm yang gue pake kualitasnya mungkin rendah karena itu helm gratisan dari motor beat. Kalau mau cari helm bener-bener yang kualitasnya bagus yah. Btw si merah seksi amat wkwkwk XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa iya? Masih baik baik aja kan? Cepat sembuh yaaa

      Sexy dong

      Hapus
  3. Wahahahahah awalnya jadi laper nih bahas otak di warung padang hahahha maklum udah mau jam makan siang.
    Helm itu emang penting banget gan, dan memang itu ngelindungin kita, kalau amit2 jatuh atau kenapa-kenapa, setidaknya benturan tidak langsung ke kepala kita.
    Kalau tiba-tibas hujan pas naik motor juga, kan melindungi kepala kita dari basah air hujan yang bisa bikin kepala sakit.
    Dan emang nyesek banget kalau helm ilang, T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengapa kita harus pake helm? Karena aspal siang dan malam tak pernah mengenal lunak

      Hapus
  4. Bener, helm itu penting banget. Gue bingung pada semua yang ga mau pake helm. Helm fungsinya buat ngelindungin kepala yang berharga dan ga dijual dimana-mana. Mereka pikir kepala bisa dijual bebas kali ya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dijual bebas sih, dan bisnis jual kepala ilegal, mau deh gue gak pake helm

      Hapus
  5. Wkwkwkwk ngomongin masalah helm, sekarang helmku helm butut wkwk males beli helm bagus, soalnya nanti bakalnya pasti ilang ._. wkwkkw

    Eng... aku kalau pergi naik motor jaraknya deket, jarang pake helm ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau lama ataupun baru yang penting pake helm bro...

      jauh dekat harus pake helm broh

      Hapus
  6. gue tertampar nih, gue kalo deket jarang pake helm. bahkan ke jalan raya juga kadang2 jarang pake helm. satu2 nya pelanggaran yang sering gue lakukan adalah jarang pake helm. gue tau itu harus diubah, sebelum isi kepala gue jadi masakan padang. hohohoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga sering sih, tapi udah gue usahain buat make helm walau jarak tempuh dekat.

      Hapus
  7. Peraturan pakai helmet saat naik motor itu kan tujuannya untuk kebaikan si pengendara sendiri, kalo pengendaranya merasa punya nyawa 9 sampe gak perlu pake helm, ya biarin aja dia celaka sendiri. Ntar kalo jatoh dari motor trus bedarah jangan mewek minta tolong aja... Susah cari balon... 🙄

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang yang masih malas make helm? berarti dia enggak sayang ama diri sendiri

      Hapus
  8. kebanyakan orang indonesia masih pake helm di dengkul... jadi ya wajar aja kalo masih banyak yg celaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...

      masak iya buat make helm aja masih susah? ini buat kepentingan diri sendiri loh bukan untuk kepentingan polisi

      #MariPakeHelm

      Hapus
  9. Ini nih, pengalaman gue kemaren abis kecelakaan. Ya, meskipun gue pake helm, tetep aja gue lukanya lumayan. Tapi besyukur kelapa gue gak kenapa2.

    Yg kasihan ponakan yg gue bonceng, soalnya dia gak pake helm, jadinya luka. Sedih, sih kalo inget waktu itu.

    Ya intinya bener seperti kata Quote itu. Make helm bukan soal aturan, tapi biar kepala gak berantakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung aja pake helm bang, kalo enggak kelapanya udah dijadiin santan tuh ;p

      Hapus
  10. kepala itu emang pusat buat semua tubuh kita. kalau salah satu saraf di kepala saja ada yang rusak, pastilah ada bagian tubuh tertentu yang nantinya juga bakalan eror. naudzubillah.

    makanya meskipun berkendara jauh dekat, alangkah lebih baiknya pake helm lah yaa.

    hahaha, sering kehilangan helm ya bro? yaiyalah, helm kamu itu merknya oke punya, makanya banyak orang yang pengen. lain kali simpen baik-baik helmnya, sayang loh helm bagus kayak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauh dekat, helm harus tetap dipake. Kayak cinta aku ke kamu, walaupun jarak yang jauh menghalangi kita, cinta kita harus tetap ada. *Ngasal*

      Haha, produk yang juga udah go internasional yang dibawa Ianonne di MotoGP bang hahaha

      Hapus
  11. Wadooo kehilangan helm sampe 2 kali, apes banget yaa..
    Semoga yang ketiga ini ga hilang lagi yaa..

    Anyway, banyak banget manusia zaman sekarang yang ga pake helm kalo lagi naik motor.
    Gue sering ngilu sendiri liatnya. Bawa motornya kenceng pula.. Ya ampun bingung gue..Batok kepalanya udah SNI kali ya jadi ga perlu pake helm lagi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah derita gue bang bro,. hehehe semoga yaaaa

      Hapus
  12. Setuju banget fif sama postingan kamu ini. Salut, remaja seperti kamu sadar kalau kepala itu harus dilindungi, soalnya kalau rusak g ada gantinya lagi.
    aku mulai intens naik motor pas SMA kelas 1, dan dari awal emang sudah belajar pake helm, walaupun awalnya buat gaya-gayaan sih. tapi semakin lama sadar, helm itu salah 1 alat pengamanan pertama untuk kepala kita, melindungi salah 1 organ paling vital di tubuh kita.
    suka sedih tiap kali liat anak sekolahan g pake helm, bapak2, ibu2 juga gitu, terus mereka gonceng anaknya juga gitu, g dipakein helm, ya ampun, g sayang kepala? atau mungkin g punya otak? entahlah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya sempat gak biasa aja ini kepala buat dipasangin helm, tapi karna (paksaan) ya dulunya emang gitu, akhirnya gue tobat juga karna make helm itu penting ;) akhirnya kemana-mana make helm dan ditenteng terus supaya gak seering apes kehilangan helm -,

      Hapus
  13. broo, ini kamu nggak di endorse sama salah satu merek helm kan ? kok yang difokusin malah ke mereknya bukan ke helmnya hehehe, ya helm itu penting banget, masalahnya bisa fatal kalo kita kecelakaan tapi nggak pakai helm, wah bisaa... ya gitulah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gue dikontak pihak yang bersangkutan, mau juga ah hahaha :p

      Hapus
  14. Kalo ngampus nggak pernah pake helm, soalnya deket dan nggak ada polisi wkwkwkwk. Padahal kan bukan masalah polisi ya. Duh, salah banget aku :'D

    Kalo ngomongin helm, aku jadi inget, kalo aku nggak pernah beli helm. Pernah punya helm warna item VOG kalo nggak salah. Itu hasil turun temurun dari kakakku. Udah 3 kali turun temurun. Tapi akhirnya diambil lagi sama kakakku, dan akhirnya hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curi-curi gak pake helm bisa bahaya loh broo..

      Flashback helm VOG :D

      Hapus

Komentar disini mah gak banyak aturannya, setelah baca kasih komentar ya. Supaya gue lebih semangat lagi buat nulis! Hehe

-Muhammad Afif