Kamis, 09 Juni 2016

Satu Dalam Kita

Perbedaan itu bukan halangan dalam mengejar mimpi, karena semua perbedaan bisa diulik agar semua saling mengerti.



Youtube kembali menjadi inspirasi. Ya banyak sekali video-video di youtube yang dapat menginspirasi kita sebagai penonton. Kali ini dari channel Google Indonesia, gue nemu video yang bisa dikatakan short film (film pendek) ini bukan dari channelnya sih, tetapi nemu video ini dari iklan google yang bergentayangan di channel manapun sebelum video asli nya dimulai. Penasaran apa saja pesan yang tersirat dalam video komersil google ini?
One, two, three, play!
***

Cerita dimulai ketika ada 3 sekawan (1 cewek, 2 cowok) yang sedang latihan band, lalu tiba-tiba ada salah seorang yang memberitahu bahwa ada produser yang melirik band mereka dan mereka disuruh untuk pergi ke Bali buat audisi. Namun ada satu yang agak sedikit mengganjal, salah satu dari bertiga sekawan ini adalah seorang muslim dan besoknya hari pertama puasa. Kebetulan ia hanya tinggal berdua sama ibu dan ia terpaksa harus pergi ke Bali, meninggalkan ibunya di hari pertama puasa. Lalu sang ibu mengerti dengan keadaan sang anak dan membolehkan anaknya untuk pergi ke Bali untuk audisi. 

Dua diantaranya adalah seorang non muslim, dan temennya yang non muslim ini tak tega melihat temannya yang muslim ini berpuasa sendirian dan meninggalkan ibunya sendirian dirumah. Lalu temennya yang berdua ini membuat keputusan kalo ia berdua juga ikut berpuasa, tanpa sepengetahuan temannya yang muslim

Diperjalanan menuju bali tiba-tiba jalanan macet, mereka bertiga panik. Ternyata ada mobil pick up yang mogok dan 2 cowok itu membantu mobil seorang yang sudah dapat dipanggil bapak ini yang mogok. Lalu setelah membantu bapak itu, mereka ditawarkan dua botol air mineral, lantas kedua cowok itu refleks berkata, "Maaf pak, kami puasa". Si temen yang muslim pun tercengang, dia gak menyangka kalo temennya juga ikut puasa, temen yang cewek pun keluar dari mobil dan mereka bertiga berangkulan bertiga. "Masak kita biarin lo puasa sendirian."

What a nice video, nice story. Walaupun ini iklan komersil google, kita tak hanya melihat ini sebagai alat promosi google semata. Gue menangkap suatu yang dapat kita pelajari dari video yang berdurasi 5 menit 18 detik ini; Betapa indahnya rasa toleransi. Senyam senyum sendiri melihat videonya, entah kenapa hati gue bahagia rasanya kalo kepedulian seperti ini selalu terjadi di kehidupan sehari hari. Disaat mereka bertiga sekawan berbeda agama, tetapi mereka tetap memiliki rasa perhatian, kepedulian, dan mengerti satu sama lain. Mereka yang gak biasa puasa, tetapi demi sahabatnya, rela tidak makan siang, tak bisa ngemil, minum, ya karena temannya, karena rasa toleransi. Indahnya jika kita hidup rukun dan damai. 

fgulen.com

Apalagi negara kita juga menganut motto "Bhinneka Tunggal Ika" yang inti dari motto tersebut yaitu bersatu dalam perbedaan. Bahwa negara kita ini diciptakan untuk bersatu, tanpa diskriminasi, tanpa SARA, tanpa kerusuhan. Kita harus bisa damai, saling menyayangi, saling support!

Nice short film idea Rudi Soedjarwo!


***
Oke Google, Menu buka puasa yang enak tahun 2016 *tonet*

Share:

13 komentar:

  1. Sungguh sangat terharu lihat videonya bagaimana kedua orang temannya yang non muslim ikut berpuasa menemani 1 teman cwe nya yang muslim. Banyak kutipan yang dapat saya ambil dari cerita tersebut :)

    BalasHapus
  2. Saya uda nonton emang keren banget film pendek karya Rudi Soejarwo ini :)

    BalasHapus
  3. Video nya pas mengena di hati :)

    BalasHapus
  4. Videonya bagus. Postingannya juga bagus. Saya terharu ngeliatnya. Belajar menghargai juga belajar bertoleransi. Btw saya udah follow blog ini, followbacknya ya :D

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Viewers yang nonton video itu pasti bakalan terenyuh hatinya, ya iyalah, secara gitu, kondisi ideal toleransi beragama yang ada di film itu emang didambakan tiap orang, well, I like this post. :)

    BalasHapus
  6. Bhinneka Tunggal Ika Bener kata lo fif. Ini emang toleransi yang patut jadi renungan buat semuanya. Terlepas dari apapun agamanya, kita tetap satu. Indonesia. Sadis...

    Dari jalan ceritanya, emang sederhana banget. Tapi, pesannya dapet ya fif? Kadang, inilah yang buat gue suka sama film pendek gini. Kalo sutradara sama penulisnya pinter ngembangin cerita, ya begini jadinya. Keren. Tapi sebaliknya, kalo gak pinter, ya jadinya malah gak nemu feelnya.

    BalasHapus
  7. bagus banget ceritanya.,..salam kenal

    BalasHapus
  8. Gue udah nonton video dari google itu dari video itu baru diupload. Sampe sekarang, gue gak pernah bosen nontonnya padahal udah ngulang belasan kali :)) Sumpah keren abis!

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
  9. Keren. Tulisan dan videonya sama2 keren cees! Sampurasun.

    BalasHapus
  10. di mmomen-momen puasa begini, emang banyak keluar video ataupun film2 serial yang menginspirasi. dan seperti yang kita pelajar, negri ini memiliki bhineka tunggal ika sebagai semboyan. perbedaan itu indah, jangan menjadikan perbedaan sebagai panggung untuk mendeksriminasi. karena hanya orang kurang cerdas yang melakukan itu.

    BalasHapus
  11. Setelah nonton video itu, entah kapan, rasanya adem dan sangat tersentuh. Semoga banyak yang tahu bahwa perbedaan itu bukan masalah, tapi sebuah pecahan-pecahan yang membentuk satu kesatuan yang indah. :D

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas informasinya min.. Ane Terbantu banget ^^

    BalasHapus

Komentar disini mah gak banyak aturannya, setelah baca kasih komentar ya. Supaya gue lebih semangat lagi buat nulis! Hehe

-Muhammad Afif