Minggu, 19 Juli 2015

Menu-Menu Yang Biasanya Muncul Saat Lebaran

Alhamdulillah lebaran kembali mengunjungi kita, setelah kita menjalankan perintahNya untuk berpuasa selama sebulan penuh yang kita jalankan pada bulan suci Ramadhan. Soal puasa alhamdulillah lancar, dan yang lainnya juga alhamdulillah walaupun banyak yang makruh. Iya, gue akui akan hal itu.


Menurut gue, ramadhan dan lebaran kali ini ada yang kurang rasanya, entahlah. Gue merasakan ada yang kurang gitu ramadhan dan lebaran dari tahun ke tahun. Gue merasakan kurang semaraknya ramadhan dan lebaran tahun ini, apakah ini cuman gue? Gue rasa iya mungkin hanya gue aja yang merasakannya. Terlepas dari itu semua, siapa sih yang enggak senang kalo bulan yang fitri ini menyambangi kita? Tentunya kita menyambut dengan penuh suka dan cita, dengan saling memaafkan satu sama lain dan bersilaturrahmi antar sesama kita

Bermaaf-maafan itu indah. Sama mantan juga minta maaf yak.

***

Ngomongin soal lebaran, tentunya gak bisa dipisahin dengan menu makanan yang kita santap setelah menjalankan shalat ied. Di setiap daerah itu pasti ada saja makanan yang wajib dicicip sebagai menu makanan pas lebaran. Setiap kali membayangkan lebaran, hyeem pasti kita kepikiran menu-menu yang lezat untuk mengisi space perut kita. Yeah yummy!

Kali ini gue akan menulis tentang menu versi gue yang biasanya kita makan saat lebaran datang, cekidots:

1. Ketupat



Nah ini pasti kalian udah tau semua, menu yang satu ini udah akrab banget kalo lagi lebaran dari tahun ke tahun. Kalo di daerah minang, biasanya daun ketupat ini diisi dengan beras yang nantinya akan menjadi lontong. Kalo gue suka kalo ketupat udah dicampuri sama kuah kacang, gulai, dan tambahan lainnya. Dan juga, ketupat ini juga bisa dijadikan olahan makanan pulut

Beuh, sedap kali!

2. Sate



Merupakan olahan daging yang dibakar lalu dicampuri dengan kuah sate dan lontong pastinya, enaknya. Sebagai penikmat sate, gue sudah coba sate ayam, sate kambing, sate daging sapi (sate padang), sate lokan (semacam isi kerang gitu). Tetapi sih yang paling enak itu ya sate ayam, makanan favorite banget!

Disini ada yang sama juga ama gue suka sate?


3. Opor Ayam


Juga menjadi menu andalan tetapi akhir-akhir lebaran tahun sebelumnya jarang banget gue makan opor. Entah kenapa nyokap lebih prefer ke ketupat, mungkin cuman gue ya. Tetapi menu ini menu yang sangat sering dijadikan menu lebaran oleh masyarakat Indonesia. Apalagi rasa kuah opornya, wih..menggugah seleraa!


Itu aja sih yang gue tau, mungkin di daerah nusantara lainnya masih banyak menu lain yang patut dicicip ketika lebaran datang. Atau boleh selebihnya tanya sama Bondan Winarno. Secara kan gue bukan chef :p

Postingan pertama di sela-sela suasana lebaran yang lumayan sibuk sana sini silaturrahmi, ngehehehe.


Taqaballahu Minna Wa Minkum
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H
Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Share:

18 komentar:

  1. Lebaran kali ini, saya gak mudik dan menu lebaran dua ketupat plus ada lemper juga. Itupun saya sudah bersyukur karena pemilik rumah yang saya kontrak rela memberikan ketupat dan lempernya.

    BalasHapus
  2. taqabbalallahu minna wa minkum

    Di rumah saya juga menunya sama, ketupat dan opor ayam. Kalau di hari raya idul fitri rasanya kurang lengkap kalau tidak ada ketupat. Sayangnya sate jarang, lebih sering sambel goreng hati, kari dan soto ayam. Kalau di hari raya idul fitri, paginya menu ini, siangnya menu itu, malamnya menu yang lain, wuihhh.., sedapnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirumah juga lebih sering ketupat sih... :D

      sedapp mantapp :D

      Hapus
  3. wah di Makassar, yang terkenal itu bukan ketupat. Tapi Burasa, dan Legese

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, buras. Di rumah selalu sedia ketupat dan buras, tinggal pilih mau lauk yang mana...

      Hapus
    2. Makassar! Pengen juga nyicip itu :D

      Hapus
  4. wah di Makassar, yang terkenal itu bukan ketupat. Tapi Burasa, dan Legese

    BalasHapus
  5. Enak-enak tuh makanannya, yang paling terkenal ketupat sama opor ayamnya. Nggak pernah sih lebaran makan sate, masa lebaran bau arang bekas bakar sate.

    Minal aidzin walfaidzin juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyakin minum aja siap makan sate :D WKWK

      Mohon maaf lahir bathin ^^

      Hapus
  6. kalau dirumahku sih nggak pernah tuh bikin sate

    lebaran palingan bikin ketupat , rendang sama pempek juga

    gk repot-repot...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap daerah punya tradisi makanan sendri pas hari raya, hihi ^^

      Hapus
  7. Aduh bikin ngilerr. Walaupun telat tapi gpp lah ya, mohon maaf lahir batin gan! silaturahmi balik ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir bathin juga gan...

      Hapus
  8. kok di rumah gue jarang banget ada sate yah Fif haha kadang ketupat ajah nggak ada. tapi opor sih selalu eksis di meja makan walaupun gue nggak punya meja makan ya gitu lah pokoknya

    untung gue baca ini nggak lagi di bulan puasa bisa batal nih gue bayangin opor sate sama ketupat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha pas kemaren bikin post ada gambar junk di akhir postingan, bikin ngiler orang haha...sekarang kan udah lebaran udah ga batal lagi wkwk :D

      Hehe ^^

      Hapus
  9. Enak enak semua mas, kalo di daerahu makanan ketupat sendiri ada filosofinya, tapi aku ngak tau hehe

    BalasHapus

Komentar disini mah gak banyak aturannya, setelah baca kasih komentar ya. Supaya gue lebih semangat lagi buat nulis! Hehe

-Muhammad Afif