Kamis, 18 Juni 2015

Ngabuburit Masa Kecil Yang Ngenes



Ngomong-ngomong soal puasa, gak bakalan jauh-jauh dari kata menunggu berbuka puasa dengan melakukan aktifitas yang bermanfaat a.k.a Ngabuburit.

"Ngabuburit, puasa aja kagak lo"

"Eh jangan salah lo kampret. Gue kayak gini juga puasa satu bulan penuh!"

Itulah percakapan gue dengan temen pas masa chilhood alias masa kecil gue dulu. Gue dari zaman TK udah ngecoba buat puasa, tapi cuman seperempat kilo hari. Abis itu gue bakalan membentuk tampang iba buat berbuka secepatnya. Akhirnya di kasih juga tuh teh manis, lalu gue makan.

Indahnya masa kecil gue....

Gue mulai puasa penuh kalo gak salah kelas 3 atau 4 SD an, gak tau pasti kapan yang tepat. Yang pasti itu hanya 1+1 = 2. Itu baru pasti. *anjir jadi les matematika gue*

Gue dulu kalo waktu kecil, jika gue berhasil puasa sebulan penuh, gue akan diberi hadiah. Yang gue inget gue dapet duit dari nyokap yang lumayan buat orang seumuran gue waktu itu. Alhasil, gue seneng banget. Karena dapet hadiah gini kalo puasa penuh 30 hari, gue berfikiran pada tahun berikutnya gue akan puasa 60 hari penuh, jadi duitnya dobel. Memang otak bocah ya gue dulu.


***

Ngomongin soal ngabuburit, tepatnya pas gue sudah mulai puasa penuh, gue akan ngelakuin apa yang enak, bukan berarti ngabuburit gue minum es yak. Gue pun melakukan aktifitas yang umumnya anak-anak lainnya lakukan. Jadi ini nih hal yang gue lakukan, yang agak sedikit "ngenes".

1. Sepedaan bareng temen-temen, tapi ngelewatin jalanan yang banyak tanjakannya

Hal yang gak gue pikirin sebelumnya adalah, apakah gue gak cape nantinya kalo sepedaan? Gue pun udah janjian buat ngabuburit dengan sepedaan dengan temen-temen. Kami mengitari desa sebelah yang jaraknya gak jauh dari tempat tinggal kami. Lalu, ada salah satu temen gue yang ngajak buat balapan sepeda, tanpa pikir panjang gue iyain aja tuh tawaran temen gue. Kami pun balapan, dan pada akhir balapan, pas lap nya tinggal dikit lagi, gue terengah-engah, cape, lesu bergabung menjadi satu, tak terkecuali teman gue yang lainnya. Belum lagi pas pulangnya kami harus nanjak jalan yang mendaki gitu, untuk melewati jalan itu kami harus butuh tenaga ekstra, dan tenaga ekstra tersebut udah abis pas balapan tadi. Fyuh....



Walaupun pas nyampe rumah jam masih menunjukkan pukul 17.00 Wib, butuh sejam lagi buat recovery tenanga. Alhamduillah gue dapet bertahan hingga bedug dipukul ^^

2. Main PS bareng temen yang akhirnya dipicu emosi satu sama lain

Ini beda lagi, yang tadinya ngabisin tenaga, yang ini cuman adu mulut gitu.....

Pada waktu itu gue ngajakin temen-temen buat main PS dirumah gue, yaa daripada gak ngapa-ngapain, mendingan gue ajak lah temen. Itung-itung buat ngabuburit nunggu bedug. Kalo gak salah waktu itu gue ngajak 3 orang temen gue. Jadi total ada 4 orang, berhubung stick PS nya cuman ada 3-1 alias 2, kita berempat suit dulu, akhirnya gue dan temen gue satunya main akhiran, dua orang temen gue lainny main awalan.

30 menit setelah dua orang temen gue main...

Akhirnya datang juga giliran gue, kami udah janjian buat main game PES. Gue udah milih tim dan temen gue masih juga bingung.

"Woyy cepetan dong, milih tim aja malah susah gitu." Hardik gue

"Sabar nyet, gue bingung nih antara Madrid sama Barca" Temen gue berkata beralasan

Udah pertengahan main, tiba-tiba temen gue bilang gini:

"Elah, kok tombol bulet gak bisa di pencet nih? Padahal gue pengen crossing" Kesal teman gue

"Mungkin belum takdir lo untuk ngegolin, nanti mungkin tombolnya sehat sendiri" Jawab gue sambil megang stik serius

"Apa ini kerjaan lo? Mungkin lo masang stiknya gabener dan colokannya goyang" Sambung teman gue kesel

"Anjrit, bulan puasa malah ngefitnah yang enggak-enggak. Mana ada woy" Gue ikutan emosi juga

"Ah curang" Sambung temen gue kesel (lagi)

untung kita gak gini


Kita pun saling emosian satu sama lain.

Temen-temen yang duluan main melerai kami dari keributan, dan selanjutnya kami netral kembali kayak garam.

Ngenes ya, udah ngabisin tenaga, mana waktunya masih lama lagi. Cale abis (Capek dan Lesu). Mana ini udah emosian aja, jadi puasa gue sumbing ya kalo kata orang-orang. Yaa itulah kisah dari masa kecil gue pas bulan puasa, maklum pas itu masih bocah-bocahnya.


Tapi, hari pun mulai berangsur, tahun pun silih berganti. There is a different right now.


Kapasitas diri gue yang mulai bertambah, bisa untuk menahan sehari penuh, tidak setengah hari lagi
Mulai menahan emosi karena apapun, karena emosian itu gak baik
Ngabuburit dengan hal yang bermanfaat, and many more!

Ngabuburit Bulan Ramadhan 1436 H tahun ini gue lakukan dengan hal yang bermanfaat, contohnya nge-blog, baca buku, dan sercing di gugel "Es teler lezat" jangan ditiru!

Dan, saat gue nulis ini, gue kembali mengingat moment-moment masa kecil gue dulu itu, sangat berbeda sekali dengan sekarang. 1 yang pasti, masa merubah kita, merubah sesuai dengan perkembangan diri.


Gak mungkin kan kalo kita kembali bergelut layaknya anak kecil saat orang shalat di masjid?


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1436 H
Semoga kita yang menjalankannya diberi kesabaran dan diberi berkah
Semoga kita menjadi pemenang di hari nan fitri nanti, ayo semangat puasanya

Mohon Maaf Lahir dan Bathin yah :) ^^

 ***


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy"
Share:

95 komentar:

  1. Hahaha . . kalo ngabuburitnya gitu mah yang ada nggak khusyuk puasanya . . emosi mulu . . Hahaha
    Tapi nggak apa namanya juga anak2 . .
    Waktu kecil alingan juga gue sepedaan sama temen2 . . kayak elo . .
    Udah gede, ngabuburitnya cuma tidur doang . . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklumin ajalah :D

      Betul2 banyak kali perbedaan ngabuburit jaman dulu pas kecil sama pas sekarang, kalo sekarang lebih simple :D

      Hapus
  2. poin pertama gue juga pernah ngelewatin masa itu huahaha

    BalasHapus
  3. dulu saya ngabuburitnya suka main apa saja. Mainin hati orang juga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bijimane masuk ke hati orang -_-

      Hapus
  4. kalo ane pas waktu kecil ngebuburitnya maen bal bekel

    BalasHapus
  5. Fif lo ngabuburit apa mau ngajak berantem tuh? hahaha. Gile aja sepedaan gitu yah? Aku mah dulu gak segitunya kok Fifi. Paling denger adzan Buka Fifi. kan kalau adzan buka yah? jadi sehari 3 kali buka deh XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjrit berarti kalo denger adzan zuhur lo mau berbuka gitu bang? Isttigfar istigfarrr :v

      Itu loh kok manggil fifi :v

      Hapus
  6. Poin kedua memang sering sekali membuat orang jadi bertengkar. Apalagi sudah kalah, bakalan macam-macam deh bilangnya ke lawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bro, buat kita jadi emosi aja

      Hapus
  7. Yah gambar penutupnya bikin makruh puasa aja nih -_-

    tapi klo dikasih hadiah klo full puasa saya juga sama pas masih kecil, tpi bukan uang hadiahnya :D

    BalasHapus
  8. hahahaa... gegara main ps jadi maki-makian padahal bulan puasa...
    klo zaman gue SD dulu, bulan puasa kita yg cewek2 pergi ke tukang jahit, minta kain perca. itu loh kain bekas guntingan sisa.. nah kain itu kita bawa pulang dan di jahit sendiri buat bikin baju berbie... dulu berbie gue sampe punya sekotak gau gtu. meskipun nggak jelas bentuknya. hahaha. masa kecil yg menyenangkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sampe sekarang barbienya masih ada kak? masi mainin begituan sekarang? :v

      Hapus
  9. astagfirulloh, itu gambarnya bikin batal aja nih puasa *tutup mata*
    lupa nih gimana masa kecil saya dulu pas puasa *emot mikir* hihihi

    BalasHapus
  10. kalo puasanya full nanti di kasi hadiah *bujukan untuk anak kecil :D

    waktu kecil, gue, ngabuburitnya sepedaan sama mancing *mancing kemarahan orang hahaha :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha kalo mancing kemaharan orang sumbing nanti puasanya :v

      Hapus
  11. TIDAAAAK APIP JAHAT PASANG JEBAKAN DI AKHIR POST AAAAKKK OAO)||| *gak nyante*

    BalasHapus
  12. Gue juga bakal berbagi soal ramadhan. Nanti ya, jam 8 malam, hari sabtu malam. Btw, main PES asik juga tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu ditunggu :D

      Asyik broh, asyik karena dibumbui dengan api saling emosian satu sama lain :v

      Hapus
  13. Masih TK udah kampret2an aja lo.. dibikinin teh anget juga dimakan, keren amat lo makan teh anget :D

    Btw.. bego banget ya puasa2 sepedaan nanjak2 gitu hahaha... untung aja lo sanggup bertahan sampe buka puasa, main ps kalo gue juga kadang suka adu mulut.. buang2 tenaga aja padahal :D

    Btw, untung gue bw menjelang maghrib es telernya enggak terlalu menggoda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasalah pas otak masih bocah gituh :D

      Next post bakalan gue kasih yang lebih menantang deh bang

      Hapus
    2. Iya , otak bocah emang rentan labil ya... gampang emosian juga :D

      Haha... asal jangan artis JAV yg disuguhin ya... :P

      Hapus
  14. Selamat puasa, bro.. :v
    berarti lo ini udah bsa dimasukkan ke golongan sparta, karena lo sanggup maen sepedaan pas puasa-puasa dan mampu bertahan sampe bedug.. awesome! dan kenapa dulu gak nyoba puasa 90 hari biar hadiahnya jadi 3 kali lipat? :v

    btw, foto es telernya gak ngepek, soalnya pas gue baca tulisan ini, udah buka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mental SPARTA nih gue, awesome dong. Tapi lebih awesome lagi kalo lagi puasa gue coba lari marathon 50km :v

      Yang timing nya kurang pas :v

      Hapus
  15. ya lagian, puasaan main sepedaan. haahaa.. yakin mau puasa 60 hari biar dapet duit 2x lipat hahaaa... dasar ya anak kecil, kadang suka logis mikirnya. hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, emang cowo kan begitu kak, mikir ke logika. Cewe aja yang pake perasaan :v

      Hapus
    2. hahahaha..., pinter kamu, Fif! Ya ya, jawaban kamu nggak salah. >.<

      Hapus
  16. wah... bisa dibayangin tuh capeknya. sampai satu jam recovery. kalau masalah main ps mah... emang lama gitu yak. gue main ps ama temen gue aja 2 jam nggak kerasa... padahal cuma main pes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak, gak kerasa. Tapi kalo udah main PS udah gak tau lagi jam berapa, eh udah jam 6 aja :D

      Hapus
  17. Masa-masa kecil memang enak diinget apalagi pas puasa gini.
    selain enaknya main game, jangan lupa mandi di danau juga seru.
    Setiap kal;i puasa rasanya pengen terus2 berendam biar gak panas. Tapi enaknya dulu kalau puasa selalu dapet duit beda sama sekarang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berenang sambil kumur2 di danau enggak bang? kan seger tuh wkwkw :D

      Iya, dan juga kalo dapet thr pas lebaran itupun dikit :(

      Hapus
  18. Kalo saya dulu ngabuburit paling main Monopoly XD

    BalasHapus
  19. hahahaha ngakak xD
    mampir balik ya bro! ada post baru! bit.ly/orangbaper

    BalasHapus
  20. Ngabuburit sembari nonton preman pensiun 2 uhh gokil banget ceritanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenenonenonet tet tetetet :v *lagunya asik :v

      Kang mus hahaha

      Hapus
  21. Dulu pas main ps bareng sama temen e berujung batal puasa. gara-gara temen beli mie instan jadi pengen deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengen buat aja bang, wkwkw :D

      Hapus
  22. Tetangga gua yg muslim juga dulu sering ke rumah gua untuk maen PS sambil ngabuburit. Maen game memang adalah salah satu cara menghabiskan waktu yg paling asik. Saking sibuknya maen, haus dan laper semua gak kerasa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang maen PS menjadi salah satu aktifitas buat ngabuburit yang seru :D

      Hapus
  23. ngabuburitttt masa kecil, beuhhh
    dulumah gue ga pernah cape kalo yang ada hubungannya sama main main, walaupun puasa hahah

    btw skrg mah ngabuburitnya sama gadget mulu eyy yangga om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ga mulu gadget om, cuman browsing lewat kompi aja. Megang gadget aja jarang

      Hapus
  24. Alhamdulillah gue bw nya abis maghrib :))

    Kalo gue saranin sih lu puasanya setaun penuh aja, dijamin lo lgsg tajir :D

    Buset, itu sepedaan, puasa2, nanjak pulaaa...
    gue aja bacanya capek broh :v gak kebayang dah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whaha setaun, dikira gue umat nabi musa apa yang kalo gak salah mampu puasa selama 3 bulan :v

      Hapus
  25. waaah, masa kecilmu nggak jauh beda sama masa kecilku. sama sama naik sepedaan keliling. tapi aku biasanya kalau capek sepedaan pasti main monopoli, game yang nggak bikin capek mainnya dan buang buang waktu banget. jadi nggak terasa deh puasa seharian.

    kalau masa kecilmu aja sudah mainan PS, aku enggak. berarti aku udah tua banget yak -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue yang mudaan banget bang ,wkwkw

      Hapus
  26. pengalaman masa kecil, emang banyak banget, lucu tulisannya, wkwk. Siapa suruh balapan sepeda, masih mending sih, gue dulu balapan lari, siang-siang, ketika matahari sedang berada diatas kepala, panas dan capek, abis lari haus, begitu pulang ke rumah langsung tepar. Gue dulu sering main ke warnet, kalo rental sih nggak begitu sering. Perubahan memang harus terjadi, tinggal bagaiman kita menyiapkan diri untuk berubah. Aamiin, semoga bulan Ramadhan kali ini seru dan mangasyikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja itu mah sama sepedaan, bikin capek :D

      Dan semoga bulan puasa tahun ini menjadi berkah :)

      Hapus
  27. wih ngepes, ngepes adalah hobi gue apalagi di bulan puasa beginian, di bawain main ngepes jadi nggak kerasa puasanya. dan pertengkaran di saat main pes udah mainstream banget dah, ada aja selalu alasan teman di saat kalah yang dapat memancing keributan, apalagi nyalahin stick, wih mainstream banget dah

    BalasHapus
  28. Memang seru kalo mengingat dulu waktu belajar berpuasa. Gue mulai kelas 4 SD sampai sekarang, setiap bulan Ramdhan pasti puasa satu bulan penuh. Gue gak sombong ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kalo puasa penuh bikin kita bangga masbro :D

      Hapus
  29. dulu waktu kecil mah seru banget apalagi nunggu buka.

    kita mah dulu pas puasa malah sering main lari-larian, atau nggak main mercon
    paling suka tuh nyalain mercon di halaman rumah tetangga.

    itu main PS asli banget ya sering gitu, ribut masalah sering kalah atau apa gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maen mercun biasanya pas abis sholat subuh, terus dah ribut sama kampung sebelahh :v

      Hapus
    2. saya mah dulu pas subuh sama taraweh pasti mainan mercon tuh

      Hapus
  30. Ini masih mending, saya dulu (pas SMA sih) kalo bulan puasa gak ada toleransi jam olahraga. Larinya tetap muterin stadion 5 kali. Itu pun pemanasannya kejam banget, sampe lutut2 gemetaran. Tapi saya salut ama teman-teman yang puasa, mereka tahan sampe buka puasa baru minum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjirr muter stadion 5 kali ampe lutut gemeteran? Cape pake begeteh tuh -__-

      Hapus
  31. True Story gan, klo gua dulu sering nyewa PS buat ngabuburit. dulu masih jaman PS1. serasa udah tua :v

    BalasHapus
  32. Otak-otak bocah, mau puasa 60 hari hahaha. :D

    Saran gue sih kalo mau sepedaan mending jam-jam lima lewat deh. Kan udah mau buka tuh. Nanti jalan pulangnya pas mau pulang. Jadi sampe rumah udah buka, bisa minum. Kan enak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gitu sih, tapi ngelewatin tanjakan ituloh yang bikin tenaga terkuras habis -__-

      Hapus
  33. kamprettt, di penutupnya ada zonk, kurang ajar sekali, ini bikin makruhh woyyyyyy

    BalasHapus
  34. Daripada sepedaan mending roll depan keliling lapangan... Bisa ngabisin waktu ngabuburit kan.

    Kalo gue dulu nunggu buka sambil maen badminton, nggak boleh main PS sih... Tp abis traweh langsung maen sampe malem. Gue inget waktu itu gue mainnya Harvest moon.

    Tuh es teler kan?? Boleh gue ambil nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama capenya gitu -_-

      Iya bang, es teller. Monggo ambil aja :D

      Hapus
  35. Hahaha. Ngabuburitnya main PES. Dan berantem. Itu harusnya udah batal. Nggak bisa menahan emosi. :p
    Wakakaka.
    Lagian ngapain coba puasa-puasa sepedahan gitu. Menyiksa diri namanya. Tapi emang seru, sih. Aku juga suka sepedahan jauh-jauh gitu. Tapi nggak pas lagi puasa juga. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas awal awal ngegenjot sepeda mah seru kak, tapi kalo udah akhiran cape nya kambuh -__-

      Hapus
  36. lo teh manis kok dimakan? diminum kali..

    gue ngggak pernah sepedaan pas ngabuburit, soalnya ngabisin banyak tenaga. nanti gue kehausan di jalan, takut khilaf gue hahaha

    kalau main PS gue sering, apalgi zama dulu masih jaya-jayanya PS1 gue sering baanget main. sampe sahur kadang2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang asyik kalo maen PS sehabis tarawehan sampe sahur ^^

      Hapus
  37. Kampret, itu kenapa gambar akhirnya bikin ngiler sih? Mana gue bacanya pas siang-siang lagi. Kamfreett -_-

    Gue pas kecil juga ngabuburitnya ngelakuin kegiatan yang berat, misalnya : main bola. Setiap jam 4 sore pasti gue main bola sama temen-temen gue. Tapi mainnya agak beda. Agak lemes-lemes nggak bergairah gitu lah. Kita main sampe jam 5, abis itu tidur-tiduran di masjid buat nunggu bedug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sekalian kumur2 gitu abis maen bolanya? kan lumayan seger wkwkw, gue sering kumur2 tuh kalo abis main bola :D

      Hapus
  38. bang Afif, ada salah pengitikan kata niih 'childhood' kurang huruf d ahahaha
    lhaa bang, ngapain puasa 60 hari buat ngedapetin double bonus? kalo bisa usahain dulu puasa yang 30 hari dapetin THR double, kalo ngga bang Afif cari keluarga lagi biar banyak dapet duitnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya chilhood ye?

      Aku mah masih muda, masi punya masa depan, masak cari keluarga. Hahaha

      Hapus
  39. Anjroott ada gambar esnya :|
    Kalo aku dulu ngabuburit sambil nonton balapan liar di depan masjid wkwkw
    sunguh suram masa kecilku, tapi aku ngak ikut balapan liarnya lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti seru tuh liat adegan balapan yang crash wkwkw

      Hapus
  40. Gue sendiri ngerasa kenapa lunya sok kuat gitu. Sepedaan menanjak di bulan puasa. Lu mau adu Iman atau Mau adu lapar. sih?

    Syukurnya, sih, lu masih betah sampe buka. hahaha

    NGabuburit lu, lumayan menguras tenaga, ya. Beda banget sama gue, kalo ngabuburit ngangkat traktor. Mindahin dari rumah ke jalanan. Nanti disusun rapi. Ringankan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada proyek ye bang? Bisa tulungin mindahin rumah gue ke London ga? :v

      Hapus
  41. dulu waktu kecil aku juga suka gitu ngabuburitnya. sepedaan yang jauh dari rumah, kalau udah capek ya tinggal duduk-duduk di lapangan sambil ngemut es atau limun wkwkwk

    maen game emang paling ampuh buat ngabisin waktu, dulu selain maen PS, permainan favorit itu maen monopoli, tapi males ngeberesinnya lagi hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum buka belum buka woii udah ngemut es aja :v

      Hapus
  42. Ya ampunn,, bulan puasa gini malah lu pasang gambar es. Lu gak kasian sama gue yang lagi haus kayak gini -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, cuci mata dulu dengan pict itu :)

      Hapus
  43. Kalo pas masih kecil, bulan puasa pulang Kuliah subuh sampai sore main monopoli terus hahaha

    BalasHapus
  44. Bener tuh kalo main PS suka kebawa emosi,untung aja ga sampe brantem :D

    BalasHapus
  45. Main PS buat ngabuburit itu ga dianjurin. Ya kayak itu tadi, jadi emosi. Puasa kan nahan emosi. Huehehe.
    Btw, menangin best artikel ga nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, masa2 chilhood emang gitu bang :D

      Emang udah pengumuman yah?

      Hapus
  46. Anak kecil main ps itu gak selaw banget sih emang-_- gak pernah bissa nerima kekalahan wkkwk

    BalasHapus

Komentar disini mah gak banyak aturannya, setelah baca kasih komentar ya. Supaya gue lebih semangat lagi buat nulis! Hehe

-Muhammad Afif