Jumat, 06 Februari 2015

Membaca Bisa Bermanfaat Bagi Kita?

Afif Blog 20

Menurut saya, membaca bukanlah lagi hal yang asing bagi kita. Membaca merupakan hal dasar seseorang untuk bisa mendengar dan memahami berbagai macam tulisan, seperti kita membaca koran, novel, komik, ataupun lembaran kertas lainnya. Membaca bisa menjadi aktvitas luang dikala bosan, sambil menunggu sesuatu hal kita bisa membolak balik buku, tentunya dibaca ya bukan di balik balik aja hehe.


Membaca bisa bermanfaat bagi kita, jika kita mempunyai hal dasar dalam membaca, kita akan mampu menguasai dan lebih memahami materi bacaan yang kita baca tersebut. Hal lain jika kita mempunyai skill dalam membaca, kita bisa  memahami teks soal/wacana seperti kebanyakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Lalu apa manfaat membaca bagi kita? Apakah penting membaca bagi kita? Simak artikel berikut ini!

Manfaat membaca:

1. Menambah Wawasan


Pastinya kalau kita membaca dan apapun bacaannya, jika kita mengambil sisi positif dari bacaan tersebut, yakinlah kita akan mendapatkan sedikit informasi/hal hal yang penting.  Jika kita sering membaca, kita akan terbiasa untuk mengambil informasi di dalam buku tersebut dan aktivitas ini akan menjadi kebiasaan yang bermanfaat. Selain itu membaca juga bisa mengasah otak dan meningkatkan konsentrasi.


2. Mengasah Kreativitas Pemahaman Kita



Kemampuan pemahaman kita akan teruji dalam membaca buku, jika kita sering dan terus menerus membaca buku, pemahaman kita terhadap bacaan akan juga terasah. Sering-sering membaca akan lebih baik.


3. Membuat Pergerakan Mata Kita Menjadi Lebih Lincah


Cobakan dalam membaca kamus atau ensiklopedia, untuk membaca kamus ataupun ensklopedia pergerakan mata kita harus lugas dan lincah, karena kita akan mencari kata atau kalimat yang kita inginkan. Pergerakan kiri dan kanan akan membuat mata kita lebih cepat terangsang dengan gerakan.


4. Melawan Rasa Jenuh


Seperti yang saya katakan di awal tadi, membaca bisa aktivitas dikala luang. Tentunya dengan membaca otak kita akan lebih fresh lagi, seperti membaca komik komedi yang jenaka membuat kita tidak jenuh lagi.


Kalo saya sendiri suka membaca buku yang tipe bacaannya ringan dan tidak membosankan, suka tipenya yang gini sih, Misal buku karangan Raditya Dika yang dikemas dengan aksi yang kocak! Kalo jenis buku lain suka baca buku biografi yang gak terlalu tebal hehe…
Yaa bisa dibilang membaca membuat kita kaya akan ilmu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus sering-sering untuk membaca buku. Tanpa kita sadari kita akan bertambah ilmu dan dengan aktivitas membaca buku ini kita membangun bangsa kita ini untuk lebih maju lagi! 


Mari ciptakan generasi Indonesia gemar membaca
Share:

14 komentar:

  1. Wah, bener gan! Saya setuju! Kalo saya sendiri, suka baca ensiklopedia .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus tuh. Untuk membaca seperti tulisan Ensiklopedia, gerakan mata harus luwes :D

      Hapus
  2. Bener gan membaca banyak manfaatnya salah satu manfaat yang paling baik ya menambah wawasan dan ilmu. Nice share gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masgan, jendela dunia adalah dengan membaca buku ^_^ by the way makasih udah mampir gan

      Hapus
  3. nice gan,, visit back
    http://webfree-software.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap gan! sering sering main kesini yaa ^_^

      Hapus
  4. Betul tu manfaat membaca sebanarnya banyak sekali, akan tetapi saya paling malas baca :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba dulu gan dengan buku yang menarik, seperti buku komedi dll :D. Mula2 nya emang males baca gan :D

      Hapus
  5. Nice post gan. Budayakan membaca sejak dini, kalau udah berumur dikit, dikasih buku malah puyeng heehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti kata pepatah "belajar diwaktu kecil bagaikan mengukir diatas batu, dan belajar diwaktu tua bagaikan mengukir diatas air" :D

      Hapus
  6. mantaf ayo kunjungi balik http://irwanteamedia.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. izin repost http://whelladwinurlela.blogspot.co.id/2016/03/apasih-manfaat-membaca-repostan-sedikit.html. thank's before :)

    BalasHapus
  8. Wah, hebat. Tidak semua anak muda gemar membaca.

    Semoga dengan penjabaran manfaat di atas, makin banyak generasi muda yang hobi membaca.

    Sukses selalu!^^

    BalasHapus

Komentar disini mah gak banyak aturannya, setelah baca kasih komentar ya. Supaya gue lebih semangat lagi buat nulis! Hehe

-Muhammad Afif